Langsung ke konten utama

Mengoptimalkan Keamanan Akun Email Anda Khususnya Gmail

Mengoptimalkan Keamanan Akun Email Anda Khususnya Gmail. Pada kesempatan kali ini UpanBlog akan memberikan tips bagaimana cara kita mengoptimalkan keamanan pada Email anda khususnya Gmail agar meminimalisir aksi hacking atau pencurian email yang sering terjadi.

Sangat penting ya kita menjaga keamanan akun Email kita karna akun email merupakan indentitas utama untuk pendaftaran dari berbagai media kita didunia maya seperti untuk pendaftaran media sosial, forum-forum, dan lain sebagainya. Karna pada artikel kali ini kita membahas mengenai cara mengoptimalkan keamanan Akun Gmail, ada lebih baiknya kita membahas sekilas mengenai apa itu Gmail.

Mengoptimalkan keamanan akun email khususnya gmai anda upanblog


Mengenal Gmail

Gmail atau biasa dipanggil dengan Google Email adalah layanan surat elektronik gratis (Email) yang dimiliki oleh Google. Gamil sangat disukai oleh penggunanya karena praktisi saat digunakan oleh semua kalangan. Gmail merupakan salah satu yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Anda bisa mengoptimalakan keamanan akun Gmail anda dengan beberapa langkah dibawah ini.

Baca : Membuat Akun Email Gmail Gratis Lengkap dan Mudah

Cara Mengoptimalkan Keamanan Akun Gmail Anda

Gmail memiliki keamanan yang sangat lengkap, mulai dari menggunakan nomor hp anda, email pemulihan, maupun dengan perangkat anda dan lokasi berada anda saat melakukan login pada akun Gmail anda. Anda bisa juga menggunakan verifikasi 2 langkah, verifikasi 2 langkah tidak menggunakan perangkat apapun anda cukup memasukkan password pertama anda dan memasukkan password kedua yang telah diberikan oleh pihak Gmail kepada anda pada saat melakukan aktifasi verifikasi 2 tahap ini.

Baca : Cara Membuat Akun Email Yahoo Mudah dan Praktis

Berikut ini langkah-langkah mengoptimalkan akun gmail anda.

1. Login terlebih dahulu pada akun gmail anda

2. Pilih dipojok sebelah kanan seperti gambar dibawah ini, lalu klik My Account (Akun Saya)

Mengoptimalkan keamanan akun gmail upanblog


3. Selanjutnya anda akan dibawa pada halaman menu control akun anda, terdapat keamanan akun anda (Sign-in & Security), informasi mengenai akun anda (Personal Info & Privacy), dan preferensi akun (Account Preferences). Karena kita berfokus pada mengoptimalkan keamanan akun gmail (Sign-in & Security), klik Get Started (mulai).

keamanan akun gmail


4. Secara otomatis anda akan disuruh kembali memasukkan password email anda.

5. Anda harus mengisi terlebih dahulu informasi mengenai pemulihan akun anda, seperti nomor telepon dan email pemulihan. Informasi pemulihan ini berguna jika ada aktivitas yang tidak wajar pada akun gmail anda atau tidak sengaja terkunci.

nomor telepon dan email pemulihan


6. Masukan nomor telepon anda dan harus melakukan verifikasi number, Pilih verifikasi sekarang jika anda ingin melakukanya sekarang juga, kemudian anda akan di berikan code dalam waktu 5 detik atau lebih saat anda telah menekan tombol Dapatkan Code.

7. Setelah anda menyelesaikan tahap verifikasi number,Setelah itu selanjutnya anda meletakan email pemulihan anda jika akun anda terkunci email pemulihan ini akan membantu ada untuk membuka akun gmail anda.

8. Pilih Done (selesai)

9. Maka anda akan diminta melihat kembali lokasi tempat anda sekarang dan OS yang sedang anda gunakan, jika dirasa sudah benar klik Looks Good (Kelihatannya Oke)

10. Kemudian anda akan diminta ingin menghapus atau tidaknya aplikasi yang terhubung ke akun gmail anda, jika sudah klik Done

11. Tahap pertama sudah selesai, klik Continue (Lanjutkan) anda akan kembali pada menu control

Pemulihan tehadap akun gmail anda



Selanjutnya Adalah Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah


1. Klik Sign-in & Security (Masuk % Keamanan)

2. Anda akan masuk pada control panel keamanan akun anda, Klik 2-Step Verification (Verifikasi 2 Langkah)

2 step verification


3. Klik Start Setup (Mulai Penyiapan), jika diminta untuk memasukan password login lagi silahkan isi kembali.

memulai verifikasi 2 langkah


4. Maka anda akan masuk pada 4 tahap yang harus diselesaikan

a. Tahap Pertama. Pastikan nomor telepon anda sudah benar, pilih jenis pengiriman kode bisa melalui SMS atau Panggilan Langsung. Jika sudah klik Send Code
tahap 1 verifikasi 2 langkah

b. Tahap Kedua. Masukkan kode yang sudah anda terima, klik Verify
tahap 2 verifikasi 2 langkah gmail

c. Tahap Ketiga. Pilih agar komputer yang anda gunakan tidak lagi melakukan Verifikasi, Klik Next
tahap ketiga dalam verifikasi 2 langkah

d. Tahap Keempat. Klik Confirm untuk memastikan Verifikasi 2 langkah telah aktif.
tahap terakhir verifikasi 2 langkah



5. Verifikasi 2 langkah anda telah aktif

verifikasi 2 langkah telah aktif


6. Jika anda ingin memasukan nomor telepon cadangan anda lagi, selain menggunakan nomor telepon yang utama sebelumnya. Jadi jika nomor yang pertama tidak dibawa, anda bisa verifikasi dengan nomor cadangan.

nomor telepon cadangan untuk verifikasi 2 langkah


7. Verifikasi 2 langkah ini juga menyediakan fitur kode cadangan jadi bila lupa membawa telepon untuk verifikasi maka anda dapat memasukkan kode cadangan ini.

kode cadangan gmail saat lupa bawa telepon


Bila tidak tahu cara penggunaan kode cadangan perhatikan gambar dibawah ini.



Selanjutnya masukkan kode cadangan lalu klik verifikasi

memasukkan kode cadangan akun gmail anda



Mengoptimalkan keamanan akun Gmail anda sangat penting demi keamanan dan melindungi akun Gmail dan seluruh media yang terhubung ke akun email anda tersebut. Paling tidak kita mencegah dari berbagai kemungkinan yang jelek. Mungkin begitu saja cara pengoptimalan keamanan akun Gmail untuk kesempatan kali, untuk pengoptimalan akun email seperti yahoo dan lain-lain akan dibahas pada artikel selanjutnya. Terima kasih telah membaca di UpanBlog, jika belum ada yang dimengerti silahkan berkoment dibawah.

Komentar

  1. Terima kasih atas informasinya.. sangat memabntu ssekali dalam mengamankan akun email supaya tidak dicuri orang..

    BalasHapus
  2. Mau tanya kalau dapat kode 8 digit itu gimana ya caranya...??

    BalasHapus
  3. Mantap gan, pengamanan email memang menjadi prioritas yang harus dilakukan. sukses untuk artikel lain

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan . Haloo, apa kabar para blogger dan para pengunjung blog ? semoga selalu didalam kebaikkan. Pada kesempatan kali ini UpanBlog akan berbagi mengenai mesin pencari atau search engine apa saja yang sering digunakan oleh orang-orang dalam menelusuri dunia internet ini. Untuk saat ini kita semua sudah tahu bahwa mesin pencari atau search engine terkenal untuk saat ini adalah Google tapi selain itu masih banyak lagi yang lainnya, maka dari itu artikel ini dibuat untuk mengetahui beberapa search engine yang dapat anda gunakan dalam penjelajahan anda didunia maya ini. Pada artikel ini UpanBlog akan mengurutkan sesuai dengan tingakt pengunjung yang terendah. Search Engine atau Mesin Pencari Search engine atau mesin pencari itu sendiri adalah perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen web yang tersedia di internet. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk list/daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun

Membuat Akun Email Yahoo Terbaru Lengkap

Membuat Akun Email Yahoo Terbaru Lengkap . Mempunyai sebuah alamat email sangat penting untuk zaman sekarang ini. Dengan perkembangan zaman yang sudah modern ini surat tidak perlu lagi ditulis tangan dipack dengan amplop dan dikirin melalui kantor pos, hal tersebut dapat memakan waktu beberapa hari dalam pengiriman surat tersebut. Tentunya hal ini mengirim surat melalui kantor pos sangat jadul banget deh di jaman sekarang ini, nah dengan adanya perkembangan teknologi sehingga muncul sebuah kemudahan dalam mengirim surat. Layanan Surat Elektronik atau biasa disebut dengan Email. Email merupakan layanan surat elektronik yang dapat berfungsi mengirim pesan maupun menerima pesan, pesan dalam arti disini berupa file pesan(text), video, foto dan lain sebagainya. Email juga mempunyai sebuah alamat, alamat ini biasanya disebut dengan Alamat Email. Sama seperti halnya kita mengirim pesan/surat melalui kantor pos kita juga harus menyertakan atau mencantumkan alamat si pembaca surat tersebut.

Mengetik Menggunakan Suara, Mengetik Tak Perlu Repot Menggunakan Keyboard

Mengetik Menggunakan Suara, Mengetik Tak Perlu Repot Menggunakan Keyboard. Zaman sekarang tak perlu lagi repot repot mengetik menggunakan keyboard. Teknologi terus mengalami perkembangan, dulu orang biasanya mengetik menggunakan mesin ketik dengan adanya kemajuan teknologi yang serba digital kita bisa mengetik hanya menggunakan suara. Untuk kalangan pekerja kantoran, pelajar atau mahasiswa  tentu sudah biasa dengan namanya aktifitas mengetik baik untuk pembuatan laporan, surat, tugas tugas sekolah, ataupun skripsi. Ada beberapa cara mengetik menggunakan suara A. Memanfaatkan Google Translate Untuk bisa mengetik menggunakan google trasnlate alat yang dibutuhkan tidaklah banyak hanya perlu menggunakan microphone baik internal ataupun eksternal. laptop biasanya sudah dilengkapi microphone internal namun berbeda dengan komputer harus menggunakan microphone eksternal. selain itu kita memerlukan koneksi jaringan internet. Cara ini dapat anda terapkan juga di handphone, namun anda