Langsung ke konten utama

Pengertian SEO Dan Manfaat SEO Bagi Blog Anda

Bagi banyak orang yang baru mengenal dunia internet pasti tidak akan tau Apa Itu SEO, Apa Sih Fungsinya SEO Itu, untuk itu UpanBLog membuat artikel untuk mengenal Apa Itu SEO Dan Manfaat SEO Bagi BLog. Nah bagi para Webmaster pemula atau para Blogger pemula wajib mengetahui Apa Itu SEO untuk kebaikkan situs atau blog nya tersebut.

Apakah Yang Dimaksud Dengan SEO Itu ?

Kepanjangan dari SEO yaitu Search Engine Optimization nah dari kepanjangan nya saja kita sudah mendapat bayang bayang mengenai Apa Itu SEO. SEO yaitu Pengotimalan terhadap mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan yang lain nya agar situs atau blog kita berada pada posisi atau halaman pertama di mesin pencari. Semakin tinggi posisi Blog pada mesin pencari maka semakin tinggi pula peluang pengunjung yang akan datang ke blog anda. SEO dilakukan dengan melalui proses sistematis oleh karena itu disebut dengan teknik SEO
Mesin pencari tidak akan sembarangan dalam menempatkan suatu situs atau artikel - artikel situs tersebut kedalam halaman mesin pencari, mereka mempunyai beberapa alasan untuk menempatkan pada urutan tertentu. Salah satu alasan yang mendasari suatu blog berada pada urutan teratas pada mesin pencari adalah pemilik website atau blog melakukan optimasi terus menerus pada mesin pencari.

Sejarah Mengenai SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian (Wikipedia).

Artikel Terkait:
Teknik SEO On Page dan Off Page
Pengertian Backlinks Beserta Manfaatnya

Beberapa Macam Teknik SEO

1. On Page SEO (Baca Selengkapnya: Teknik SEO On PAGE)

Orang awam yang baru mengetahui dunia SEO pasti akan bingung Apa Itu Teknik On Page SEO, namun bagi seorang pakar SEO tidak akan asing lagi mendengar kata tersebut
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah posisi teratas disearch engine.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :

  • Title Tag
  • Meta Description
  • URL
  • Heading (h1, h2, h3, h4)
  • Image & Image ALt Tag
  • Link to Site Authority

2. Off Page SEO (Baca Selengkapnya: Teknik SEO Off PAGE)

Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs seperti penggunaan backlink.

Manfaat SEO Bagi Blog Anda

Beberapa Teknik SEO sebenarnya banyak memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya sendiri tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate. Adapula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website anda (Sistem Kepercayaan). Lainnya anda dapat melihat website berita atau informasi tips, trik, tutorial bila ditambah dengan SEO maka pengunjung website akan lebih tertarget dan website semakin meningkat aktifitas pengunjungnya.
Berikut manfaat lainnya bila SEO digabung dengan website atau blog:

  • Mendatangkan Traffic Yang Banyak
  • Pelanggan terus berdatangan ke website
  • Meningkatkan Daya Saing
  • Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan anda sebagai publisher 
  • Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama 
  • Bisnis di dalam website menjadi berkembang 
  • Penjualan produk akan semakin meningkat
  • dan lainnya

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang didapat bila anda mengembangkan website atau blog ditambah dengan Teknik SEO.

Komentar

  1. SEO atau Search Engine Optimization memiliki banyak manfaat untuk blog seperti untuk mendatangkan trafik banyak. Info yang membantu mengenai pengertian SEO dan Manfaat SEO untuk blog.

    BalasHapus
  2. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Kaos Dakwah Terbaru

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Mungkin Kau Sering Lupa Kebaikan Istrimu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan . Haloo, apa kabar para blogger dan para pengunjung blog ? semoga selalu didalam kebaikkan. Pada kesempatan kali ini UpanBlog akan berbagi mengenai mesin pencari atau search engine apa saja yang sering digunakan oleh orang-orang dalam menelusuri dunia internet ini. Untuk saat ini kita semua sudah tahu bahwa mesin pencari atau search engine terkenal untuk saat ini adalah Google tapi selain itu masih banyak lagi yang lainnya, maka dari itu artikel ini dibuat untuk mengetahui beberapa search engine yang dapat anda gunakan dalam penjelajahan anda didunia maya ini. Pada artikel ini UpanBlog akan mengurutkan sesuai dengan tingakt pengunjung yang terendah. Search Engine atau Mesin Pencari Search engine atau mesin pencari itu sendiri adalah perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen web yang tersedia di internet. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk list/daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun

Membuat Akun Email Yahoo Terbaru Lengkap

Membuat Akun Email Yahoo Terbaru Lengkap . Mempunyai sebuah alamat email sangat penting untuk zaman sekarang ini. Dengan perkembangan zaman yang sudah modern ini surat tidak perlu lagi ditulis tangan dipack dengan amplop dan dikirin melalui kantor pos, hal tersebut dapat memakan waktu beberapa hari dalam pengiriman surat tersebut. Tentunya hal ini mengirim surat melalui kantor pos sangat jadul banget deh di jaman sekarang ini, nah dengan adanya perkembangan teknologi sehingga muncul sebuah kemudahan dalam mengirim surat. Layanan Surat Elektronik atau biasa disebut dengan Email. Email merupakan layanan surat elektronik yang dapat berfungsi mengirim pesan maupun menerima pesan, pesan dalam arti disini berupa file pesan(text), video, foto dan lain sebagainya. Email juga mempunyai sebuah alamat, alamat ini biasanya disebut dengan Alamat Email. Sama seperti halnya kita mengirim pesan/surat melalui kantor pos kita juga harus menyertakan atau mencantumkan alamat si pembaca surat tersebut.

Mengetik Menggunakan Suara, Mengetik Tak Perlu Repot Menggunakan Keyboard

Mengetik Menggunakan Suara, Mengetik Tak Perlu Repot Menggunakan Keyboard. Zaman sekarang tak perlu lagi repot repot mengetik menggunakan keyboard. Teknologi terus mengalami perkembangan, dulu orang biasanya mengetik menggunakan mesin ketik dengan adanya kemajuan teknologi yang serba digital kita bisa mengetik hanya menggunakan suara. Untuk kalangan pekerja kantoran, pelajar atau mahasiswa  tentu sudah biasa dengan namanya aktifitas mengetik baik untuk pembuatan laporan, surat, tugas tugas sekolah, ataupun skripsi. Ada beberapa cara mengetik menggunakan suara A. Memanfaatkan Google Translate Untuk bisa mengetik menggunakan google trasnlate alat yang dibutuhkan tidaklah banyak hanya perlu menggunakan microphone baik internal ataupun eksternal. laptop biasanya sudah dilengkapi microphone internal namun berbeda dengan komputer harus menggunakan microphone eksternal. selain itu kita memerlukan koneksi jaringan internet. Cara ini dapat anda terapkan juga di handphone, namun anda