Langsung ke konten utama

Mengoptimalkan SEO On Page Pada Blog


Mengoptimalkan SEO On Page. Dalam meningkatkan Rangking situs di search engine ternama, para pakar SEO sepakat SEO On Page merupakan salah satu faktor yang meningkatkan Page Rank suatu situs.

Cara Mengoptimalkan SEO On Page sama untuk semua plaform seperti blogger maupun Wordpress dan yang lainnya tetap harus sedikit mengetahui tentang HTML. Tetapi platform Wordpress sedikit dimudahkan dengan adanya fasilitas Plugin SEO, plugin seperti SEO By Yoast yang memiliki salah satu fungsi untuk mengoptimalkan SEO On Page jadi tidak perlu lagi mengedit HTML. Sedangkan Platform gratis dari Google (Blogger) tidak memiliki fasilitas Plugin sehingga kita harus mengedit sendiri HTML secara manual agar bisa mengoptimalkan SEO On Page.

Semakin baik dalam mengoptimalkan SEO On Page maka peluang untuk berada dihalaman teratas Search Engine akan semakin besar. Sebenarnya Mengoptimalkan SEO On Page itu sangat mudah dilakukan jika anda ingin betul-betul belajar dan memahami artikel ini.


Tahap-Tahap Mengoptimal SEO On Page

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Mengoptimalkan SEO On Page anda diantara lain yaitu Title Tag(judul), Meta Description, Alamat URL, Gambar Pada Postingan, H1 Tag Pada Judul Artikel, Penempatan Kata Kunci Pada 100 Kata Pertama, Artikel 1000+ Suku Kata, Tentunya Artikel Berkualitas.

1. Title Tag

Penggunaan Keywords pada Title Tag pada suatu artikel sangat penting, peletakkan keyword yang baik menurut pakar SEO adalah keyword yang berada pada awal kata judul dari pada keyword yang terletak pada tengah dan akhir judul. Sebagai contoh kita ingin membuat artikel dengan kata kunci "Teknik SEO Dasar" setelah melakukan riset kata kunci dengan Google Keyword Planner judul artikel yang bisa kita kembangkan adalah:

Judul 1: Teknik Dasar SEO Pada Blog
judul 2: Cara Melakukan Teknik Dasar SEO

Dari kedua contoh judul diatas terlepas dari berbagai macam faktor lainnya, judul yang diprioritaskan oleh Google adalah judul nomor 1 dikarenakan judul nomor 1 mengandung kata kunci diawal, sedangkan untuk contoh judul yang kedua diletakkan diakhir. Jadi untuk setiap penulisan artikel diusahakan kata kunci yang kita bidik diletakkan pada awal judul artikel biar SEO Friendly.

2. Alamat URL

Alamat URL yang baik untuk artikel adalah alamat URL yang pendek dan mengandung kata kunci sedangkan URL yang kurang baik bagi Search Engine adalah alamat URL yang terlalu panjang sehingga alamat Url tersebut sulit untuk dipahami. Alamat URL ini sangat penting untuk SEO On Page seperti hal nya Title Tag (judul) dan Isi Artikel. Sebenarnya untuk penulisan alamat URL anda tidak usah terlalu pusing karena alamat URL akan dibuat dan menyesuaikan secara otomatisoleh kebanyakkan platform seperti Blogger, Wordpress dan yang lainnya.

3. Meta Description

Walaupun Meta Description tidak terlalu berpengaruh banyak dimata mesin pencari tetapi meta description merupakan pilihan kedua bagi calon pengunjung ketika mereka menemukan judul artikel anda. Mereka akan melihat deskripsi dari artikel anda jadi buatlah Meta Description dengan kalimat yang menarik, unik, dan membuat orang lain penasaran dengan isi artikel anda sehingga ini akan meningkatkan jumlah CTR atau rasio klik tayang pada blog anda.

3. Peletakkan Kata Kunci Pada 100 Kata Pertama Dalam Artikel

Dalam peletakkan kata kunci pada isi artikel harus diperhatikan karena Google sangat memperhatikan hal tersebut. Artikel yang baik dan relevan itu setidaknya mengandung 1 kata kunci, meskipun jumlah kata kunci yang masih menjadi pedebatan bagi para pakar SEO tetapi kita tidak usah terlalu memikirkan jumlah kata kunci dalam artikel kita yang harus diperhatikan adalah peletakan kata kunci yang paling baik dan dianjurkan oleh pakar SEO adalah peletakan kata kunci pada 100 kata pertama artikel. Semakin awal peletakan artikel semakin bagus dan mengidikasikan artikel tersebut sangat penting.

4. Tag H1 Pada Judul Artikel

Sebaiknya untuk judul artikel menggunakan Tag H1 karena penggunaan Tag H1 baik bagi SEO On Page blog anda. Bila kita bandingkan artikel yang memiliki Tag H1 didalamnya dan artikel yang tidak memiliki Tag H1 maka yang berpeluang lebih besar ialah artikel yang memiliki Tag H1 didalamnya. Jangan lupa penggunaan Tag H1 harus 1 tidak boleh lebih.

5. Tambahkan Gambar

Menambahkan image atau gambar pada setiap artikel blog sangat berpengaruh terhadap kualitas dari artikel anda, dengan adanya gambar membuat artikel anda lebih berkualitas dan terasa lebih hidup sehingga pengunjung tidak bosan dalam membaca artikel anda. Masukan gambar yang sesuai dengan isi artikel anda agar gambar SEO friendly dengan mesin pencari sangat dianjurkan menggunakan attribut ALT.

6. Isi Artikel Yang Panjang

Google sangat senang dengan artikel yang panjang, minimal pada setiap artikel mengandung 1000 kata atau lebih. Artikel yang mengandung 1000 kata atau lebih memiliki peluang menduduki peringkat atas mesin pencari lebih baik.


Sekiranya begitu cara mengoptimalkan SEO On Page Pada Blog semoga pengalaman dan ilmu ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Jadi jangan lupa, boleh kita memfokuskan membuat artikel agar disenangi oleh Google tetapi hal yang paling utama adalah membuat artikel itu disenangi oleh pengunjung blog kita sehingga pengunjung akan selalu mengunjungi dan mampir di blog kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan . Haloo, apa kabar para blogger dan para pengunjung blog ? semoga selalu didalam kebaikkan. Pada kesempatan kali ini UpanBlog akan berbagi mengenai mesin pencari atau search engine apa saja yang sering digunakan oleh orang-orang dalam menelusuri dunia internet ini. Untuk saat ini kita semua sudah tahu bahwa mesin pencari atau search engine terkenal untuk saat ini adalah Google tapi selain itu masih banyak lagi yang lainnya, maka dari itu artikel ini dibuat untuk mengetahui beberapa search engine yang dapat anda gunakan dalam penjelajahan anda didunia maya ini. Pada artikel ini UpanBlog akan mengurutkan sesuai dengan tingakt pengunjung yang terendah. Search Engine atau Mesin Pencari Search engine atau mesin pencari itu sendiri adalah perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen web yang tersedia di internet. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk list/daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun

Membuat Akun Email Yahoo Terbaru Lengkap

Membuat Akun Email Yahoo Terbaru Lengkap . Mempunyai sebuah alamat email sangat penting untuk zaman sekarang ini. Dengan perkembangan zaman yang sudah modern ini surat tidak perlu lagi ditulis tangan dipack dengan amplop dan dikirin melalui kantor pos, hal tersebut dapat memakan waktu beberapa hari dalam pengiriman surat tersebut. Tentunya hal ini mengirim surat melalui kantor pos sangat jadul banget deh di jaman sekarang ini, nah dengan adanya perkembangan teknologi sehingga muncul sebuah kemudahan dalam mengirim surat. Layanan Surat Elektronik atau biasa disebut dengan Email. Email merupakan layanan surat elektronik yang dapat berfungsi mengirim pesan maupun menerima pesan, pesan dalam arti disini berupa file pesan(text), video, foto dan lain sebagainya. Email juga mempunyai sebuah alamat, alamat ini biasanya disebut dengan Alamat Email. Sama seperti halnya kita mengirim pesan/surat melalui kantor pos kita juga harus menyertakan atau mencantumkan alamat si pembaca surat tersebut.

Mengetik Menggunakan Suara, Mengetik Tak Perlu Repot Menggunakan Keyboard

Mengetik Menggunakan Suara, Mengetik Tak Perlu Repot Menggunakan Keyboard. Zaman sekarang tak perlu lagi repot repot mengetik menggunakan keyboard. Teknologi terus mengalami perkembangan, dulu orang biasanya mengetik menggunakan mesin ketik dengan adanya kemajuan teknologi yang serba digital kita bisa mengetik hanya menggunakan suara. Untuk kalangan pekerja kantoran, pelajar atau mahasiswa  tentu sudah biasa dengan namanya aktifitas mengetik baik untuk pembuatan laporan, surat, tugas tugas sekolah, ataupun skripsi. Ada beberapa cara mengetik menggunakan suara A. Memanfaatkan Google Translate Untuk bisa mengetik menggunakan google trasnlate alat yang dibutuhkan tidaklah banyak hanya perlu menggunakan microphone baik internal ataupun eksternal. laptop biasanya sudah dilengkapi microphone internal namun berbeda dengan komputer harus menggunakan microphone eksternal. selain itu kita memerlukan koneksi jaringan internet. Cara ini dapat anda terapkan juga di handphone, namun anda